Pages

Subscribe:

Jumat, 21 Januari 2011

Sejarah computer

Mungkin kita tidak pernah berpikir bagimana bentuk computer yang kita gunakan sampai saat ini. Menurut eranya computer dibagi menjadi beberapa generasi, ok langsung saja kita mulai.

1.Generasi pertama (1940 – 1959)
Pada era ini computer memiliki ukuran yang sangat besar dan terdiri dari tabung tabung vakum (hampa gas). Pada awalnya computer ini hanya berfungsi seperti halnya kalkulator. Dan pada tahun 1953 diluncurkan IBM 701 dan tahun 1964 diluncurkan IBM 650 sebagai teknologi terbaru era tersebut.

2.Generasi kedua (1959 – 1964)
Pada generasi kedua ini computer sudah menggunakan transistor dan diode. Pada era ini sudah digunakan bahasa tingkat tinggi, yaitu FORTAN(1954) dan COBOL(1959). Computer yang dikenal pada era ini adalah IBM 1400 yang diciptakan oleh “John Bardeen, William Shockley, dan Wallter Brattain.

3.Generasi ketiga (1964 – 1980)
Pada era ini IBM memperkenalkan system 360 yang menggunakan teknologi terpadu dengan meletakkan ribuan transistor pada keeping silicon, dan biasa dikenal dengan large scale integration (LSI). Pada era ini computer sudah mencapai era mini computer.

4.Generasi keempat (1980 sampai sekarang)
Pada era ini computer telah mencapai teknologi mikro elektronik atau lebih dikenal cip atau ic. Teknologi ini meletakkan ribuan transistor dalam satu keping silicon melalui proses LSI. Computer yang terkenal pada era ini adalah intell Pentium II – IV, Celeron, amd dan masih banyak lagi.

0 komentar:

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Pengunjung yang baik adalah pengunjung yang selalu meninggalkan komentarnya. Baik di kotak komentar maupun di kotak envolve. Terimakasih telah berkunjung

Daftar isi